Rabu, 16 Januari 2013

MANFAAT AIR BAGI KEHIDUPAN MANUSIA


Abstrak

Pentingnya air dalam kehidupan sehari-hari menjadikan air hal pokok yang akan dibahas oleh penulis. Tujuannya adalah untuk mengetahui hakikat air, pengertian air, jenis-jenis air, manfaat dari air, dan untuk mengetahui dampak dari kekurangan mengkonsumsi air dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga diharapkan makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan pembaca dapat mengetahui hakikat air, pengertian air, jenis-jenis air, manfaat dari air, dan untuk mengetahui dampak dari kekurangan mengkonsumsi air.

Kata kunci: air
















1.     Pendahuluan
Setiap hari, sekitar dua liter air terbuang melalui kulit, paru-paru, usus, ginjal. Tanpa mengkonsumsi air secara cukup, tubuh mudah terserang penyakit. Jadi, jangan lupa untuk mengkonsumsi air minimal delapan gelas setiap hari atau minimal dua liter.
Ketika air yang hilang tidak diganti, tubuh akan mengalami dehidrasi. Jika kekurangan air atau mengalami dehidrasi, maka akan timbul dampaknya yaitu sakit kepala, lelah, pegal, air seni yang pekat, tidak tahan terhadap panas, serta mulut dan mata yang kering akan terjadi pada tubuh.
Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengetahui hakikat air, pengertian air, jenis-jenis air, manfaat dari air, dan untuk mengetahui dampak dari kekurangan mengkonsumsi air dalam kehidupan sehari-hari.
Permasalahan yang akan dibahas pada makalah ini yaitu, hakikat air, pengertian air, jenis-jenis air, manfaat air dan dampak dari kurang mengkonsumsi air.
Makalah ini dibuat dengan harapan dapat bermanfaat bagi pembaca. Air minum yang sering di konsumsi ternyata memiliki banyak khasiat. Tetapi dibalik manfaatnya yang luar biasa tersebut masyarakat umum tidak mengetahuinya. Mudah-mudahan dengan dibuatnya makalah ini pembaca jadi memiliki pengetahuan yang lebih tentang manfaat air bagi kehidupan.

2.     Hakikat Air
Semua butuh yang namanya air, 80% tubuh kita pun mengandung air. Air memang salah satu dari ribuan ciptaan Allah SWT. yang dianugrahkan untuk makhluk ciptaannya. Se tetes air di tengah gurun pasir menjadi nikmat yang luar biasa. Limpahan air di lautan menjadikan kita sangat dahaga ketika meminumnya. Dari kedua gambaran tadi dapat kita ambil pelajaran. Pelajaran apa itu? Pelajaran akan ungkapan syukur kita kepada sang pemilik air, Allah SWT.
Tetes demi tetes maka akan berkumpul menjadi samudra. Dan akan menjadi kekuatan dahsyat, yang mampu menghancurkan apa pun dihadapannya. Inilah hakikat air, meski terkesan sedikit dan tak membahayakan, ketika yang sedikit tadi bertemu maka akan menjadi kekuatan yang luar biasa.

3.     Air
Air adalah cairan jernih tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau yang terdapat dalam kehidupan manusia sehari-hari. Air adalah zat kimia yang penting bagi semua bentuk kehidupan
yang diketahui sampai saat ini di bumi, tetapi tidak di planet lain.
                        Air sebagian besar terdapat di laut dan pada lapisan-lapisan es, akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es.

4.     Jenis Air
Saat ini terdapat berbagai jenis air minum yang ditawarkan seperti air tanah, air dari Perusahaan Air Minum (PAM), Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), air mineral, dan air heksagonal.

5.     Manfaat Air
Manfaat dari air yaitu memperlancar sistem pencernaan, dengan mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan, sehingga akan terhindar dari masalah-masalah pencernaan. Kemudian, air dapat membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, serta mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Manfaat selanjutnya yaitu sebagai perawatan kecantikan, bila tubuh kurang minum air, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Air juga bermanfaat untuk kesuburan yaitu dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita. Dalam bidang medis, air dapat menyehatkan jantung dan sebagai obat stroke. Terakhir manfaat dari air yaitu membuat tubuh lebih bugar, karena air putih mengandung zat-zat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

6.     Dampak dari Kekurangan Air
Apabila kita kurang mengkonsumsi air maka akan memiliki dampak yaitu, tubuh akan mengalami dehidrasi, gangguan fungsi kepandaian otak, mengganggu fungsi ginjal, timbul berbagai gejala ringan dan berat, rentan terkena infeksi kandung kemih, dan kulit jadi kusam.

7.     Penutup
Kesimpulan dari makalah ini pertama hakikat air, meski terkesan sedikit dan tak membahayakan, ketika yang sedikit tadi bertemu maka akan menjadi kekuatan yang luar biasa. Kedua, air adalah zat kimia yang penting bagi semua bentuk kehidupan. Ketiga, jenis-jenis air yaitu air tanah, air dari Perusahaan Air Minum (PAM), Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), air mineral, dan air heksagonal. Keempat manfaat air yaitu memperlancar sistem pencernaan, membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, mencegah penyakit ginjal dan hati, dan untuk perawatan kecantikan. Terakhir, kekurangan mengkonsumsi air memiliki dampak bagi tubuh.




Daftar Pustaka

Engkun. 2012. Manfaat Air bagi Kehidupan Manusia. http://engkunpermatasari.blogspot.com

Anonim. 2007. Jenis-jenis Air Putih. http://www.jacksite.wordpress.com. Di akses pada 25 November 2012

Ahmadin. 2011. Manfaat Air Putih. http://www.ahmadin1991.blogspot.com. Di akses pada 25 November 2012

Medico, Eby. 2010. Air Putih yang Sehat. http://www.ebymedico.student.umm.ac.id. Di akses pada 25 November 2012
           


Lampiran
Kerangka:
1.      Pendahuluan
1.1              Air harus di konsumsi minimal dua liter setiap hari
1.2              Kekurangan dalam mengkonsumsi air menyebabkan dehidrasi
1.3              Tujuan dari pembuatan makalah
1.4              Masalah yang akan dibahas di dalam makalah
1.5              Manfaat dari dibuatnya makalah

2.      Hakikat air dalam kehidupan

3.      Pengertian air


4.      Jenis-jenis air

5.      Air memiliki dampak bagi tubuh jika kita kurang mengkonsumsinya


6.      Penutup
6.1       Kesimpulan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar